Connect with us

Akhir 2017, Indeks Saham LQ45 Ikuti Catatan Rekor IHSG

LQ45 ikuti catatan rekor IHSG(foto ilustrasi: Istimewa)

Jakarta – Awal tahun 2018 dibekali catatan rekor tertinggi dari laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). Pada 29 Desember 2017 lalu, rekornya mencapai 6.355. Catatan itu melengkapi kinerja IHSG yang tumbuh 19,99 persen sepanjang 2017.

Walau demikian, kinerja IHSG tersebut ternyata mampu dilewati kinerja indeks saham LQ45 yang tumbuh 22,02 persen ke posisi 1.079 sepanjang 2017.

Indeks saham LQ45 merupakan indeks saham yang berisi 45 saham yang paling aktif diperdagangkan di pasar saham. Setiap enam bulannya, Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mengevaluasi kinerja saham-saham di indeks LQ45.

Data BEI dan RTI, di antara saham teraktif lainnya, saham PT Bank Tabungan negara Tbk (BBTN) yang masuk indeks LQ45 mencatat kenaikan tertinggi, yakni 105,17 persen ke posisi Rp3.570 per saham.

Terlepas dari itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan laju IHSG yang menembus rekor tersebut merupakan capaian di luar perkiraan. Sebagian besar indeks saham acuan pun menghijau.

Menurut Jokowi, dulu banyak pihak yang meragukan IHSG bisa menembus angka 6.000. Namun buktinya, pada akhir tahun ini, IHSG bisa menembus angka 6.300.

“Dulu banyak yang menyampaikan bisa 6.000 saja kita sudah untung, sudah seneng. Kalau sekarang 6.355, bagaimana?” katanya mengapresiasi.

Maka dari itu, Jokowi mengungkapkan capaian ini patut mendapatkan apresiasi. Dia juga meminta agar di tahun depan, para pelaku pasar modal bekerja lebih keras dalam rangka memajukan perdagangan saham di Indonesia.

“Atas nama pemerintah, saya memberikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada segenap pelaku pasar modal Indonesia yang memiliki motivasi dan dedikasi yang tinggi untuk memajukan perekonomian nasional dan pasar modal Indonesia,” sambung Jokowi.

Selain BTN, sejumlah saham yang bergerak di sektor bank dan masuk indeks LQ45 juga memberi imbal hasil besar pada 2017. Selain BBTN, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) naik 79,19 persen ke posisi Rp9.900 per saham. Saham PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) naik 41,29 persen ke posisi Rp21.900 per saham.

Sementara saham yang masuk indeks saham LQ45 lainnya yang juga ikut mencetak kenaikan terbesar yaitu saham PT United Tractors Tbk (UNTR). Saham UNTR naik 65,59 persen ke posisi Rp35.400 per saham. Disusul saham PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL) naik 65,22 persen ke posisi Rp380 per saham.

Ada lagi saham PT Barito Pacific Tbk (BRPT) yang turut menguat 54,27 persen ke posisi Rp2.260 per saham. Lalu saham PT Jasa Marga Tbk (JSMR) naik 48,15 persen ke posisi Rp6.400 per saham. Selanjutnya saham PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) naik 42,53 persen ke posisi Rp21.950 per saham.

Sedangkan bila dilihat secara sektoral, sejumlah saham sektor konstruksi yang masuk indeks LQ45 justru alami penurunan tajam pada 2017. Saham PT Wijaya Karya Tbk (WIKA), misalnya, merosot 34,32 persen ke posisi Rp1.550 per saham. Lalu saham PT Waskita Karya Tbk (WSKT) tergelincir 13,33 persen ke posisi Rp2.210 per saham. Saham PT PP Tbk (PTPP) susut 30,71 persen ke posisi Rp2.640 per saham.

Sementara saham PT Adhi Karya Tbk (ADHI) tetap mampu cetak kenaikan pada 2017 dan saham PT Adhi Karya Tbk (ADHI) naik 9,73 persen ke posisi Rp 1.885 per saham.

Novianto

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Reuni Alumni 212 Jelas Kapitalisasi Agama demi Kepentingan Politik

Oleh

Fakta News
Reuni Alumni 212

Jakarta – Reuni Alumni 212 yang bakal digelar awal Desember di Lapangan Monas Jakarta dianggap bentuk kapitalisasi agama demi kepentingan politik. Reuni tersebut seharusnya tidak diadakan lantaran tuntutan aksi 212 sudah diakomodasi.

Hal tersebut diungkapkan pengamat politik Lingkar Madani. Ia menilai kegiatan alumni 212 ini bukan murni kegiatan agama, melainkan kegiatan politik. Ia juga keheranan mengapa harus ada acara tersebut. Pasalnya, tuntutan aksi 212 sudah dipenuhi dengan Basuki Tjahaja Purnama dipenjara.

“Itu sudah jelas politik, enggak ada hubungannya lagi dengan agama, enggak ada hubungannya dengan dakwah, apa yang mereka tuntut sudah dipenjara kok. Apalagi gunanya, itu politik murni politik, murni untuk kepentingan politik. Enggak ada hubungannya dengan dakwah. Saya pikir mereka hanya mau mengapitalisasi agama ini. Mengapitalisasi agama terus-menerus untuk kepentingan politik. Enggak ada hubungannya dengan dakwah,” kata Ray kepada wartawan di D’Hotel, Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan, Rabu (21/11).

Ray pun mengaku masih belum paham apa sebenarnya tujuan acara reuni alumni 212. Ia membandingkan dengan demonstrasi 1998 untuk menggulingkan rezim Soeharto dan Orde Baru. Usai berhasil menggulingkan, tak ada perkumpulan alumni maupun acara reuninya.

“Yang saya juga enggak mengerti tujuannya apa? Masak demonstrasi pakai alumni, alumni pakai reuni. Ada-ada saja. Yang besar sekali pun perjuangan 98 itu ya berhenti di 98. Waktu jatuh ya jatuh. Bahwa anggotanya membentuk kelompok-kelompok tertentu ya silakan saja. Enggak ada reuni 98 yang jatuhin soeharto, enggak ada,” imbuhnya.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

BERITA

Kubu Jokowi Anggap Amien Rais Tidak Dewasa dalam Berpolitik

Oleh

Fakta News
Bersikap toleran
Amien Rais.(Istimewa)
asasasasa

Jakarta – Kubu Joko Widodo-Maruf Amin menilai, pernyataan Amien Rais yang memaksa Muhammadiyah untuk memihak salah satu calon di pemilihan presiden menunjukkan sikap Amien Rais yang tidak dewasa dalam berpolitik.

Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Tim Kampanye Jokowi-Maruf Amin Ace Hasan Syadzily. Selain menunjukkan Amin Rais tidak dewasa, pernyataan tersebut juga menunjukkan bahwa sosok Amien Rais bukan negarawan tulen.

“Hanya karena beliau pendukung Prabowo-Sandi mau mendikte Muhamamdiyah mendukung paslon tertentu. Itu menunjukkan ketidakdewasaan politik sebagai politisi yang dikenal selalu menjaga demokrasi,” jelas Ace, seperti dikutip dari Merdeka.com, Rabu (21/11).

Justru, dengan paksaan dan desakan tersebut, suara Muhammadiyah malah enggan memilih Prabowo-Sandi. “Kalau terus menerus seperti itu, saya tidak yakin Prabowo mendapatkan dukungan dari Muhammadiyah,” tegasnya.

Sikap tersebut sama sekali tidak mencerminkan sosok negarawan. Politikus Partai Golkar ini menambahkan, sebagai negarawan, seharusnya Amien Rais menjaga agar ormas, seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, tidak diseret ke ranah politik praktis.

“Sebetulnya secara organisasi Muhammadiyah dan NU tidak menunjukkan dukungan secara tegas, itu perlu terus dijaga bahwa citra ormas Islam tidak terseret ke dalam politik praktis hanya untuk kekuasaan semata,” tegasnya lagi.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

BERITA

Penggunaan Teknologi VAR di Liga Champions Dipercepat?

Oleh

Fakta News
var
Ilustrasi.(Foto: Istimewa)

Jakarta – Setelah sukses digunakan dalam beberapa turnamen FIFA, ternyata kehadiran teknologi Video Assistant Refree (VAR) disambut baik oleh sejumlah klub Eropa.

Video Asisten Wasit (VAR) kemungkinan besar akan segera diterapkan di ajang Liga Champions, tepatnya ketika memasuki babak knock out alias fase gugur di musim ini. Wacana tersebut langsung berasal dari Presiden UEFA Aleksander Ceferin dan Ketua Asosiasi Klub Eropa Andrea Agnelli.

Dilansir dari Soccerway, Selasa (20/11), sebelumnya VAR sendiri akan diberlakukan di Liga Champions mulai musim depan, namun belakangan wacana tersebut akan dipercepat dalam rangka untuk proses pengujian teknologi tersebut.

“Kami sudah mulai melakukan semua persiapan. [Kepala wasit UEFA] Roberto Rosetti dan timnya sangat bagus. Ada sudut pandang penting – wasit dan semua aspek teknis,” kata Ceferin dalam konferensi pers di Brussels.

“Saya mengharapkan laporan dalam seminggu atau lebih dan kemudian kita akan melihat kapan kita dapat menerapkannya. Pada musim depan yang terbaru,” sambungnya.

Senada dengan Ceferin, Agnelli yang notabene merupakan pemilik Juventus siap mendukung wacana UEFA untuk mempercepat penerapan VAR di ajang Liga Champions.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya