Connect with us

Cara Melindungi Diri dari Penipuan Kloning Facebook

Penjelasan kloning Facebook

Kloning Facebook atau penggandaan akun tanpa ijin merupakan sebuah teknik di mana scammers membuat profil Facebook palsu dengan menggunakan gambar dan informasi-informasi yang dicuri dari profil Facebook pengguna yang asli untuk digunakan untuk tindakan-tindakan penipuan.

Penipu mungkin dapat membuat profil yang terlihat sangat mirip dengan profil asli korban. Apalagi jika korban menunjukkan semua informasi dan materi profilnya yang diatur ke “publik”.

Pertama, izinkan dev.fakta.news/v03 menjelaskan bahwa kloning Facebook bukanlah tindakan “hacking” seperti yang diklaim dalam beberapa peringatan keamanan yang beredar. Penipu tidak mendapatkan akses ke akun Facebook korban yang sebenarnya atau menipu pengguna dengan membocorkan rincian loginnya. Mereka hanya menyalin informasi dan gambar yang tersedia untuk umum dan menggunakannya untuk membuat profil baru.

Mengapa scammers melakukan ini? Begitu scammers telah membuat profil palsu, mereka dapat mengirim permintaan pertemanan kepada orang-orang yang ada dalam daftar teman yang akan menjadi target penipuan.

Teman-teman korban akan menerima permintaan pertemanan kedua, karena mereka percaya (tidak menduga) bahwa korban yang dia kenal selama ini tidak berteman dengan mereka. Atau, orang yang memiliki banyak sekali teman di Facebook lupa bahwa mereka sudah berteman dengan korban, lalu menerima permintaan teman kedua. Dan,sangat disayangkan umumnya pengguna Facebook cenderung langsung menerima permintaan pertemanan tanpa harus dipikirkan sebelumnya. Cara lain, adalah mengirim pesan bahwa halaman Facebooknya terhapus atau terblokir, sehingga meminta untuk pertemanan ulang.

Setelah scammers memiliki beberapa “teman” di profil palsu, mereka kemudian mulai mengirim pesan-pesan penipuan atas nama korban mereka. Mereka akan mencoba menarik teman-teman tersebut penipuan uang muka dengan mengklaim bahwa korban telah memenangkan sejumlah besar uang dan menawarkan “teman” untuk mendapat kesempatan yang sama untuk menang.

Mereka mungkin mengirim pesan yang mengabarkan bahwa korban telah terdampar di negara asing atau mendapat musibah dan segera membutuhkan pinjaman uang. Karena penerima pesan berpikir bahwa mereka berbicara dengan seseorang yang mereka sangat kenal, mereka mungkin akan langsung mentransfer uang tersebut.

Para penipu ini juga bisa menggunakan ilusi kedekatan atau persahabatan dengan mengumpulkan informasi pribadi dari teman korban. Seorang pengganda akun yang pintar bahkan bisa melakukan pencurian identitas dengan menipu teman korban untuk membocorkan sejumlah besar informasi pribadi dan keuangan mereka.

Cara melindungi akun Facebook Anda dari kloning

Pemegang akun Facebook sulit untuk seratus persen menghilangkan risiko dari aksi kloning. Namun, Anda dapat dengan signifikan mengurangi risiko ini  melalui penggunaan setelan privasi, yaitu menyembunyikan sebanyak mungkin informasi-informasi Anda.

Semakin banyak informasi Anda yang tersedia untuk umum (foto, alamat, nomor telepon dll), kemungkinan upaya kloning profil Anda akan lebih efektif. Sayangnya, banyak pengguna Facebook yang memiliki banyak informasi pribadi diatur ke “Publik”. Akun yang relatif terbuka ini menjadi sasaran empuk untuk mengkloning scammers.

Inilah yang harus dilakukan untuk mengubah itu.

(Harap dicatat bahwa petunjuk ini menjelaskan cara mengakses Facebook dari browser web komputer. Jika Anda menggunakan Facebook di perangkat seluler atau melalui aplikasi, Anda mungkin perlu menggunakan metode yang berbeda untuk mengakses setelan daftar privasi dan teman Anda.)

  1. Sembunyikan daftar teman Anda

Hal ini terutama penting untuk menyembunyikan daftar teman Anda. Jika para scammers kloning tidak dapat melihat teman Anda, mereka tidak akan bisa mengirimkan undangan palsu ke teman Anda. Jadi, menyembunyikan daftar teman Anda bisa membantu menggagalkan scammers klon. Untuk menyembunyikan daftar teman Anda, buka profil Anda dan klik tab “Teman”. Kemudian, klik ikon pensil di sisi kanan dan klik “Edit Privasi”:

facebook-cloning-3

Pengaturan Privacy

Di bagian “Siapa yang dapat melihat daftar teman Anda?”, Pilih “Only me” dalam daftar drop-down:

facebook-cloning-4

Pilih ‘Only Me’

  1. Jalankan “Pemeriksaan Privasi”

Jika Anda mengklik ikon “Kunci” di bagian kanan atas profil Facebook Anda, Anda dapat melakukan pemeriksaan privasi cepat yang terkait dengan entri, aplikasi, dan profil Anda. Sedapat mungkin, pastikan bahwa semuanya diatur ke “Teman” atau “Hanya Aku” daripada “Publik”:

facebook-cloning-5

Pengaturan siapa saja yang boleh melihat postingan Anda

  1. Lihat profil Anda sebagai “Publik”

Pada poin ini, mungkin ada baiknya untuk melihat seperti apa tampilan Facebook Anda kepada seseorang yang bukan teman Anda. Untuk melakukan ini, klik ikon “Lock” lagi lalu klik “Who can see my stuff”. Sekarang, klik tautan “Lihat As” di bawah “Apa yang orang lain lihat di timeline saya?”:

facebook-cloning-6

Pengecekan Privasi

Anda sekarang harus melihat timeline Facebook Anda sebagai anggota publik – atau Facebook scone scammer – akan melihatnya.

Periksa tab “Teman” dan “Foto” dan elemen lainnya untuk melihat apa yang terlihat oleh orang asing. Facebook tidak akan membiarkan Anda menyembunyikan profil dan foto depan Anda saat ini, tentu saja namanya saja facebook. Namun, daftar teman Anda, sebagian besar foto Anda, dan sebagian besar informasi Anda yang lain tidak akan terlihat oleh.

Jika masih ada informasi-informasi yang harus disembunyikan, lanjutkan dengan langkah selanjutnya.

  1. Periksa siapa saja yang bisa melihat foto Anda

Penipu kloning sering menyalin gambar dari profil yang ditargetkan dan menambahkannya ke profil palsu untuk menambah ‘kepercayaan’ agar lebih meyakinkan bahwa itu milik korban. Seperti dicatat, Facebook tidak akan membiarkan Anda menyembunyikan Profil dan foto depan  Anda saat ini. Namun, Anda dapat memastikan bahwa sebanyak mungkin foto Anda yang lain diatur ke “Teman” atau “Hanya Aku”. Klik tab “Foto” dan buka “Album”. Beberapa jenis album memiliki siapa saja yang boleh meilhat album tersebut, aturlah agar hanya “teman” atau “Hanya Aku” dalam satu klik:

facebook-cloning-8

Penyetelan siapa saja yang boleh meilhat foto-foto Anda

Untuk album lain, seperti “fambar profil” dan “foto linimasa” Anda mungkin perlu menentukan siapa yang bisa melihatnya satu per satu. Buka gambarnya, klik tombol “Edit” dan pilih opsi yang Anda inginkan siapa saja yang melihatnya.

  1. Periksa Siapa yang bisa melihat informasi profil lainnya

Bahkan informasi yang kelihatannya tidak berbahaya seperti buku, musik, dan film apa yang Anda sukai dapat membantu pembuat scammer membangun profil kloning yang lebih dipercaya. Jadi, klik tab “Lainnya” dan, sedapat mungkin, pastikan materi di setiap bagian tidak disetel ke publik. Anda juga dapat menyembunyikan sepenuhnya dengan mengklik pilihan More dan memilih “Manage Sections”:

facebook-cloning-7

Penyetelan materi-materi lain

 Gali setelan privasi Anda

Anda juga dapat memeriksa dan mengubah pengaturan privasi terkait melalui bagian “Pengaturan Privasi dan Alat”. Sebaiknya Anda membiasakan diri dengan pilihan di bagian ini, jadi perlu meluangkan waktu untuk memeriksanya. Klik panah drop-down di sebelah kanan ikon kunci dan klik “Settings”. Kemudian klik “Privacy” di menu sebelah kiri. Pastikan semuanya sudah sesuai keinginan Anda:

facebook-cloning-9

Menggali ulang setelan privasi

 Periksa kembali profil “Publik” Anda

Sekarang, kembali ke Langkah 3 di atas dan periksa lagi apa saja yang bisa dipakai untuk menipu oleh para penipu di Profil Anda. Akun Anda sekarang akan terkunci dengan cukup ketat. Jika masih banyak informasi-informasi Anda terlihat, Anda dapat selalu kembali dan men-tweak berbagai pengaturan privasi seperti yang dijelaskan di atas.

Apa yang harus dilakukan jika akun Anda sudah dikloning?

Jika Anda menemukan bahwa akun Facebook Anda telah dikloning, laporkan akun palsu ke Facebook . Dan, segera kabarkan semua teman Anda, bahwa telah terjadi upaya kloning terhadap akun Anda. Peringatkan mereka untuk tidak menerima permintaan pertemanan yang terlihat sepertinya berasal dari Anda.

Apa yang harus Anda lakukan jika menerima permintaan pertemanan yang Anda curigai dari pelaku scammer?

 Waspadalah, terhadap permintaan teman dari orang-orang yang sudah berteman dengan Anda. Jika Anda menerimanya, periksa daftar teman Anda sendiri untuk mengetahui apakah Anda masih terikat dengan orang tersebut. Jika demikian, permintaan pertemanan tersebut kemungkinan berasal dari akun kloning. Kabari segera teman Anda yang menjadi korban kloning, agar segera mengambil langkah untuk mengatasi masalah ini. Pada tahap awal, teman Anda mungkin tidak sadar bahwa akunnya telah dikloning.

Bantu untuk mendidik teman-teman Anda

Jika setiap pengguna Facebook mengetahui bagaimana cara kerja penipuan cara kloning ini dan bagaimana melindungi diri mereka sendiri, prevalensi dan dampak kloning akan sangat berkurang atau bahkan dihilangkan. Sayangnya, itu tidak akan terjadi dalam waktu singkat. Meskipun demikian, Anda pasti bisa membantu dengan memastikan bahwa teman Anda tahu tentang ada upaya kloning. Jika perlu, luangkan waktu untuk menjelaskan masalahnya dan bantu mereka dengan setelan Facebook mereka. Mengirimkan mereka tautan ke situs dev.fakta.news/v03 dan tindakan ini mungkin langkah awal yang hebat. Semoga bermanfaat.

K. Rinaldi & Hoax Slayers

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Reuni Alumni 212 Jelas Kapitalisasi Agama demi Kepentingan Politik

Oleh

Fakta News
Reuni Alumni 212

Jakarta – Reuni Alumni 212 yang bakal digelar awal Desember di Lapangan Monas Jakarta dianggap bentuk kapitalisasi agama demi kepentingan politik. Reuni tersebut seharusnya tidak diadakan lantaran tuntutan aksi 212 sudah diakomodasi.

Hal tersebut diungkapkan pengamat politik Lingkar Madani. Ia menilai kegiatan alumni 212 ini bukan murni kegiatan agama, melainkan kegiatan politik. Ia juga keheranan mengapa harus ada acara tersebut. Pasalnya, tuntutan aksi 212 sudah dipenuhi dengan Basuki Tjahaja Purnama dipenjara.

“Itu sudah jelas politik, enggak ada hubungannya lagi dengan agama, enggak ada hubungannya dengan dakwah, apa yang mereka tuntut sudah dipenjara kok. Apalagi gunanya, itu politik murni politik, murni untuk kepentingan politik. Enggak ada hubungannya dengan dakwah. Saya pikir mereka hanya mau mengapitalisasi agama ini. Mengapitalisasi agama terus-menerus untuk kepentingan politik. Enggak ada hubungannya dengan dakwah,” kata Ray kepada wartawan di D’Hotel, Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan, Rabu (21/11).

Ray pun mengaku masih belum paham apa sebenarnya tujuan acara reuni alumni 212. Ia membandingkan dengan demonstrasi 1998 untuk menggulingkan rezim Soeharto dan Orde Baru. Usai berhasil menggulingkan, tak ada perkumpulan alumni maupun acara reuninya.

“Yang saya juga enggak mengerti tujuannya apa? Masak demonstrasi pakai alumni, alumni pakai reuni. Ada-ada saja. Yang besar sekali pun perjuangan 98 itu ya berhenti di 98. Waktu jatuh ya jatuh. Bahwa anggotanya membentuk kelompok-kelompok tertentu ya silakan saja. Enggak ada reuni 98 yang jatuhin soeharto, enggak ada,” imbuhnya.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

BERITA

Kubu Jokowi Anggap Amien Rais Tidak Dewasa dalam Berpolitik

Oleh

Fakta News
Bersikap toleran
Amien Rais.(Istimewa)
asasasasa

Jakarta – Kubu Joko Widodo-Maruf Amin menilai, pernyataan Amien Rais yang memaksa Muhammadiyah untuk memihak salah satu calon di pemilihan presiden menunjukkan sikap Amien Rais yang tidak dewasa dalam berpolitik.

Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Tim Kampanye Jokowi-Maruf Amin Ace Hasan Syadzily. Selain menunjukkan Amin Rais tidak dewasa, pernyataan tersebut juga menunjukkan bahwa sosok Amien Rais bukan negarawan tulen.

“Hanya karena beliau pendukung Prabowo-Sandi mau mendikte Muhamamdiyah mendukung paslon tertentu. Itu menunjukkan ketidakdewasaan politik sebagai politisi yang dikenal selalu menjaga demokrasi,” jelas Ace, seperti dikutip dari Merdeka.com, Rabu (21/11).

Justru, dengan paksaan dan desakan tersebut, suara Muhammadiyah malah enggan memilih Prabowo-Sandi. “Kalau terus menerus seperti itu, saya tidak yakin Prabowo mendapatkan dukungan dari Muhammadiyah,” tegasnya.

Sikap tersebut sama sekali tidak mencerminkan sosok negarawan. Politikus Partai Golkar ini menambahkan, sebagai negarawan, seharusnya Amien Rais menjaga agar ormas, seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, tidak diseret ke ranah politik praktis.

“Sebetulnya secara organisasi Muhammadiyah dan NU tidak menunjukkan dukungan secara tegas, itu perlu terus dijaga bahwa citra ormas Islam tidak terseret ke dalam politik praktis hanya untuk kekuasaan semata,” tegasnya lagi.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

BERITA

Penggunaan Teknologi VAR di Liga Champions Dipercepat?

Oleh

Fakta News
var
Ilustrasi.(Foto: Istimewa)

Jakarta – Setelah sukses digunakan dalam beberapa turnamen FIFA, ternyata kehadiran teknologi Video Assistant Refree (VAR) disambut baik oleh sejumlah klub Eropa.

Video Asisten Wasit (VAR) kemungkinan besar akan segera diterapkan di ajang Liga Champions, tepatnya ketika memasuki babak knock out alias fase gugur di musim ini. Wacana tersebut langsung berasal dari Presiden UEFA Aleksander Ceferin dan Ketua Asosiasi Klub Eropa Andrea Agnelli.

Dilansir dari Soccerway, Selasa (20/11), sebelumnya VAR sendiri akan diberlakukan di Liga Champions mulai musim depan, namun belakangan wacana tersebut akan dipercepat dalam rangka untuk proses pengujian teknologi tersebut.

“Kami sudah mulai melakukan semua persiapan. [Kepala wasit UEFA] Roberto Rosetti dan timnya sangat bagus. Ada sudut pandang penting – wasit dan semua aspek teknis,” kata Ceferin dalam konferensi pers di Brussels.

“Saya mengharapkan laporan dalam seminggu atau lebih dan kemudian kita akan melihat kapan kita dapat menerapkannya. Pada musim depan yang terbaru,” sambungnya.

Senada dengan Ceferin, Agnelli yang notabene merupakan pemilik Juventus siap mendukung wacana UEFA untuk mempercepat penerapan VAR di ajang Liga Champions.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya