Connect with us

Gaya Belanja Tiap Zodiak

Ilustrasi

Meski tak valid, hal-hal berbau zodiak masih memiliki daya tarik tersendiri bagi beberapa orang. Dari mulai jodoh hingga hal-hal macam keberuntungan dan finansial kadang dikaitkan dengan 12 zodiak. Tak peduli percaya atau tidak, zodiak juga kadangkala menjadi referensi untuk sebagian orang untuk mengenali diri sendiri ataupun orang lain.

Dalam tulisan ini, Fakta.News sengaja memilih topik keuangan. Ternyata, kebiasaan orang dalam menghabiskan uangnya juga bisa diketahui dari zodiaknya. Nah, bulan September ini adalah bulannya Virgo dan Libra.

Virgo
Virgo adalah juaranya dalam urusan menghemat. Mereka dikenal piawai dalam melakukan berbagai perhitungan dengan sangat mendetail. Bahkan saking hematnya, tak jarang juga mereka mendapat julukan “Paman Gober” dari orang sekitar. Virgo, meski frugal, tetap punya satu kelemahan besar, yaitu makanan enak. Kalau sudah urusan perut, Virgo dipercaya “tutup mata” dengan harga yang mahal sekalipun. Prinsip mereka adalah “makan enak, hati senang”.

Tapi kalau urusan belanja, Virgo terbilang unik. Mereka bisa bolak-balik ke satu toko hingga lima atau empat kali sebelum memutuskan membeli satu barang. Perfeksionis? Mungkin. Namun yang pasti, Virgo lebih nyaman belanja sendiri.

Libra
Sementara kalau Libra, dikenal dengan financial advisor-nya para zodiak. Dilambangkan timbangan, mereka yang berzodiak Libra dikenal memiliki prinsip “spend a little, save a little”. Keseimbangan finansial yang dimiliki Libra sangat bagus. Mereka bisa menabung dan menyenangkan diri sendiri dalam waktu bersamaan.

Namun Libra juga senang memanjakan pasangan, dengan cara yang terbilang mewah. Liburan bersama atau makan malam mewah sudah jadi agenda yang biasa. Namun Libra cenderung hanya suka membeli satu barang “besar” setiap tahunnya. Pada dasarnya, Libra tidak terlalu suka belanja. Bagi mereka, belanja malah bikin pusing.

Scorpio
Dalam menjalankan hidupnya, Scorpio punya motivasi dan fokus yang kuat, salah satunya adalah uang. Ada orang bilang, Scorpio ini punya “bakat” jadi detektif. Hal ini terlihat dari kemampuan mereka dalam memecahkan masalah. Namun, “bakat” ini juga yang membuat Scorpio jadi sangat perhitungan.

Salah satu kualitas yang membuat Scorpio pandai mencari uang adalah sifat mereka yang cenderung kompetitif. Ketika diiming-iming kesuksesan atau uang, Scorpio bakal melakukan pekerjaan tersebut dengan usaha 110%. Meski Scorpio suka memegang kendali dan cenderung keras kepala, mereka bukan pengambil risiko dan selalu membutuhkan masukan dari orang terdekat. Jadi jangan heran bila kerabat Scorpio Anda sering meminta pendapat Anda saat membeli sesuatu, terutama barang yang harganya mahal.

Sagitarius
Kegiatan menghabiskan uang yang paling disukai oleh Sagittarius adalah traveling. Tidak peduli betapa mewah atau prestisiusnya sebuah barang, Sagitarius lebih memilih “berbelanja” untuk mendapat pengalaman baru, terutama tempat yang belum pernah dikunjungi. Kalau sudah urusan traveling, meskipun lagi tak punya uang sekalipun, Sagitarius berani menggunakan kartu kredit tanpa berpikir dua kali.

Sagitarius memang orang yang sangat menyukai kebebasan. Makanya, penting bagi mereka buat memupuk kebebasan itu sejak dini. Salah satunya adalah menghindari utang kartu kredit. Namun kenyataannya, salah satu dosa terbesar Sagitarius justru berutang kartu kredit. Kebiasaan berutang ini datang dari karakter Sagitarius yang cenderung optimistis. Sebab, mereka memegang teguh prinsip hidup “tak usah khawatir, nanti pasti ada jalan”.

Nah, seseorang yang mempunyai sikap optimistis tentu akan cenderung sulit menabung. Jadi produk perbankan yang paling tepat untuk Sagittarius adalah tabungan yang memungkinkan mereka menabung secara rutin melalui penarikan dana otomatis dari rekening tabungan setiap bulan. Menabung pun terasa lebih ringan dan jadi kebiasaan yang tidak membebankan.

Capricorn
Seorang Capricorn cenderung disiplin, praktis, dan memiliki pengetahuan finansial yang baik. Mereka dikenal sangat disiplin soal uang. Mereka mau mengambil setiap langkah buat berinvestasi dengan bijak sambil merencanakan masa depan. Namun Capricorn bukan pribadi impulsif, sehingga sangat jarang bagi mereka menunjukkan keromantisan seperti makan malam mewah atau liburan romantis bersama pasangan. Lantaran sifat disiplinnya dengan uang tersebut, Capricorn terlihat sangat bersikeras pada tujuan keuangannya alias kurang fleksibel dalam menyesuaikan dengan situasi.

Aquarius
Aquarius dikenal sebagai orang yang artistik dan filosofis. Para Aquarius biasanya beruntung bisa punya karier sesuai dengan passion mereka. Aquarius mempunyai jiwa murah hati dan tidak segan memberi bantuan ke teman atau keluarga, baik dalam bentuk pinjaman uang atau jasa.

Namun jangan salah. Sama seperti zodiak lain, Aquarius juga punya kekurangan. Aquarius rela merogoh kocek dalam-dalam untuk barang yang mendukung hobi mereka, seperti buku, gawai, bahkan sepatu keluaran terbaru. Mereka termasuk orang yang mudah bosan dan cenderung cepat berpindah hati ke barang atau tren terbaru. Konon, ada yang bilang, kalau berkunjung ke rumah seorang Aquarius, pasti Anda akan menemukan banyak barang tidak terpakai di gudang mereka. Bagi mereka, barang tersebut sewaktu-waktu bisa dipakai lagi.

Pisces
Pisces dikenal sebagai individu yang “nyeni” dan menyukai hal hal-hal yang indah. Mereka paling senang kalau diajak cuci mata ke mal atau butik. Tidak berlebihan kalau banyak orang menyebut Pisces sebagai partner belanja yang paling baik karena paling sabar diajak berkeliling mal.

Mirip dengan Scorpio, Pisces paling cepat termotivasi melakukan sesuatu jika ada imbalan berupa uang yang menanti. Meskipun mayoritas yang berbintang Pisces itu impulsif, terutama untuk barang-barang bermerek atau yang berkualitas baik, mereka cukup future-oriented. Kalau sudah punya niat, Pisces paling jago dalam hal menabung dalam periode waktu yang lama. Misalnya, untuk pensiun.

Aries
Mereka yang punya zodiak Aries cenderung punya sifat self-oriented. Bukannya egois, tapi mereka benar-benar tahu apa yang mereka mau. Aries senang traveling sambil bertualang dan sangat menikmati sensasi saat “berburu” sesuatu. Prinsip hidup mereka adalah “wanting is always better than getting”.

Buat Aries, uang adalah “mainan” yang paling menyenangkan. Uang bisa memberi hampir semua yang diinginkan. Sayangnya, Aries adalah pribadi yang impulsif dan tidak berpikir sebelum mengeluarkan uang. Tanyakan saja berapa kali Aries rela belanja midnight sale hanya demi sensasi mengantre atau gejolak adrenalin saat berebut sepatu diskonan.

Taurus
Untuk orang-orang berzodiak Taurus–yang berulang tahun bulan September ini–rupanya dipercaya yang paling susah tahan kalau sudah melihat diskon barang-barang bermerek di antara orang-orang berzodiak lain. Bagi orang-orang Taurus, alasan kebiasaan memilih barang-barang mewah karena kualitasnya yang memang tahan lama.

Namun, Taurus terbilang tak hitung-hitungan dengan orang-orang yang mereka sayangi. Apabila ada pacar atau sahabat terdekatnya berulang tahun, mereka cenderung tak pelit soal urusan kado.

Walaupun hobi belanja, Taurus ternyata cukup hati-hati dan tidak terburu-buru dalam menghabiskan uang. Jadi jangan heran jika ada kerabat Anda senang berlama-lama di mal atau pusat perbelanjaan lainnya. Meski begitu, jarang ada Taurus yang tak membawa barang belanjaan saat mampir ke mal.

Gemini
Gemini identik dengan kepribadian yang susah ditebak. Hal ini juga berlaku pada kebiasaan mereka dalam menghabiskan uang. Gemini andal dalam menabung, tapi mereka juga mudah tergoda dengan pengeluaran yang sifatnya “gambling” seperti stock market atau saham.

Gemini pun suka tantangan dan adrenalin saat tahu kalau mereka hanya punya dua pilihan: kehilangan semua uang atau mampu menggandakan uang hingga berkali-kali lipat. Sumber kesenangan mereka bukanlah keuntungan yang didapat, tapi “thrill” itu sendiri.

Cancer
Meskipun dikuasai oleh bulan dan dipengaruhi oleh pergeseran pasang-surut, mereka yang berbintang Cancer sebenarnya cukup “stabil” dalam urusan finansial. Mereka bisa menabung dan membelanjakan uang buat hal-hal yang penting saja. Ketika keinginan untuk belanja itu datang, mereka hanya rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk dua hal: traveling dan keperluan rumah.

Cancer juga rela berbelanja secara royal buat perabot rumah tangga. Misalnya TV layar datar berukuran besar lengkap dengan sound system mumpuni dan kursi malas untuk baca buku dan bermain game. Tidak mengherankan, memang. Sebab kebanyakan Cancer itu disebut-sebut “anak rumahan”. Jadi, mereka senang mendekorasi rumah dan lebih memilih mengutamakan kenyamanan di rumah. Kalau keluar rumah, mereka lebih pilih traveling sekalian daripada jalan-jalan di dalam kota.

Leo
Soal kecakapan dan kesadaran finansial, Leo bisa dibilang paling unggul. Leo lihai dalam soal menganggarkan, menghemat, hingga melakukan tawar-menawar. Leo juga memiliki kepribadian yang kuat. Mereka rela disiplin menabung hingga bertahun-tahun lamanya demi sesuatu yang mereka idam-idamkan.

Ketika berbelanja, sebisa mungkin, Leo hanya membeli barang-barang terbaik, lebih bagus lagi kalau bermerek. Para Leo Leo juga sering terlalu banyak bimbang dengan pilihan barang yang mereka suka. Maka dari itu Leo lebih suka belanja bersama teman-temannya. Selain lebih seru, juga bisa mendapat dukungan moral untuk menentukan mana yang lebih cocok dipakai sama mereka.

Nah, sudah tepatkah dengan karakter Anda dalam mengeluarkan uang?

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Reuni Alumni 212 Jelas Kapitalisasi Agama demi Kepentingan Politik

Oleh

Fakta News
Reuni Alumni 212

Jakarta – Reuni Alumni 212 yang bakal digelar awal Desember di Lapangan Monas Jakarta dianggap bentuk kapitalisasi agama demi kepentingan politik. Reuni tersebut seharusnya tidak diadakan lantaran tuntutan aksi 212 sudah diakomodasi.

Hal tersebut diungkapkan pengamat politik Lingkar Madani. Ia menilai kegiatan alumni 212 ini bukan murni kegiatan agama, melainkan kegiatan politik. Ia juga keheranan mengapa harus ada acara tersebut. Pasalnya, tuntutan aksi 212 sudah dipenuhi dengan Basuki Tjahaja Purnama dipenjara.

“Itu sudah jelas politik, enggak ada hubungannya lagi dengan agama, enggak ada hubungannya dengan dakwah, apa yang mereka tuntut sudah dipenjara kok. Apalagi gunanya, itu politik murni politik, murni untuk kepentingan politik. Enggak ada hubungannya dengan dakwah. Saya pikir mereka hanya mau mengapitalisasi agama ini. Mengapitalisasi agama terus-menerus untuk kepentingan politik. Enggak ada hubungannya dengan dakwah,” kata Ray kepada wartawan di D’Hotel, Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan, Rabu (21/11).

Ray pun mengaku masih belum paham apa sebenarnya tujuan acara reuni alumni 212. Ia membandingkan dengan demonstrasi 1998 untuk menggulingkan rezim Soeharto dan Orde Baru. Usai berhasil menggulingkan, tak ada perkumpulan alumni maupun acara reuninya.

“Yang saya juga enggak mengerti tujuannya apa? Masak demonstrasi pakai alumni, alumni pakai reuni. Ada-ada saja. Yang besar sekali pun perjuangan 98 itu ya berhenti di 98. Waktu jatuh ya jatuh. Bahwa anggotanya membentuk kelompok-kelompok tertentu ya silakan saja. Enggak ada reuni 98 yang jatuhin soeharto, enggak ada,” imbuhnya.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

BERITA

Kubu Jokowi Anggap Amien Rais Tidak Dewasa dalam Berpolitik

Oleh

Fakta News
Bersikap toleran
Amien Rais.(Istimewa)
asasasasa

Jakarta – Kubu Joko Widodo-Maruf Amin menilai, pernyataan Amien Rais yang memaksa Muhammadiyah untuk memihak salah satu calon di pemilihan presiden menunjukkan sikap Amien Rais yang tidak dewasa dalam berpolitik.

Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Tim Kampanye Jokowi-Maruf Amin Ace Hasan Syadzily. Selain menunjukkan Amin Rais tidak dewasa, pernyataan tersebut juga menunjukkan bahwa sosok Amien Rais bukan negarawan tulen.

“Hanya karena beliau pendukung Prabowo-Sandi mau mendikte Muhamamdiyah mendukung paslon tertentu. Itu menunjukkan ketidakdewasaan politik sebagai politisi yang dikenal selalu menjaga demokrasi,” jelas Ace, seperti dikutip dari Merdeka.com, Rabu (21/11).

Justru, dengan paksaan dan desakan tersebut, suara Muhammadiyah malah enggan memilih Prabowo-Sandi. “Kalau terus menerus seperti itu, saya tidak yakin Prabowo mendapatkan dukungan dari Muhammadiyah,” tegasnya.

Sikap tersebut sama sekali tidak mencerminkan sosok negarawan. Politikus Partai Golkar ini menambahkan, sebagai negarawan, seharusnya Amien Rais menjaga agar ormas, seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, tidak diseret ke ranah politik praktis.

“Sebetulnya secara organisasi Muhammadiyah dan NU tidak menunjukkan dukungan secara tegas, itu perlu terus dijaga bahwa citra ormas Islam tidak terseret ke dalam politik praktis hanya untuk kekuasaan semata,” tegasnya lagi.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

BERITA

Penggunaan Teknologi VAR di Liga Champions Dipercepat?

Oleh

Fakta News
var
Ilustrasi.(Foto: Istimewa)

Jakarta – Setelah sukses digunakan dalam beberapa turnamen FIFA, ternyata kehadiran teknologi Video Assistant Refree (VAR) disambut baik oleh sejumlah klub Eropa.

Video Asisten Wasit (VAR) kemungkinan besar akan segera diterapkan di ajang Liga Champions, tepatnya ketika memasuki babak knock out alias fase gugur di musim ini. Wacana tersebut langsung berasal dari Presiden UEFA Aleksander Ceferin dan Ketua Asosiasi Klub Eropa Andrea Agnelli.

Dilansir dari Soccerway, Selasa (20/11), sebelumnya VAR sendiri akan diberlakukan di Liga Champions mulai musim depan, namun belakangan wacana tersebut akan dipercepat dalam rangka untuk proses pengujian teknologi tersebut.

“Kami sudah mulai melakukan semua persiapan. [Kepala wasit UEFA] Roberto Rosetti dan timnya sangat bagus. Ada sudut pandang penting – wasit dan semua aspek teknis,” kata Ceferin dalam konferensi pers di Brussels.

“Saya mengharapkan laporan dalam seminggu atau lebih dan kemudian kita akan melihat kapan kita dapat menerapkannya. Pada musim depan yang terbaru,” sambungnya.

Senada dengan Ceferin, Agnelli yang notabene merupakan pemilik Juventus siap mendukung wacana UEFA untuk mempercepat penerapan VAR di ajang Liga Champions.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya