Connect with us

Serunya Wisata Detektif Bersama Keluarga

Suasana latar salah satu escape room di JakartaIstimewa

Jakarta – Akhir pekan tentu menjadi hal yang paling ditunggu bagi banyak orang. Bisa kembali berkumpul bersama keluarga menjadi waktu yang dinanti-nanti. Namun dengan waktu yang relatif singkat, mungkin kerap kali Anda bingung menentukan tempat seru untuk menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun teman-teman dekat.

Dengan terbatasnya lahan outdoor di kota-kota besar, termasuk Jakarta, akhirnya pilihan kembali jatuh ke bioskop, tempat makan, hingga belanja di mal. Tanpa mengesampingkan keseruan di tempat-tempat tadi, jangan heran bila banyak yang bosan dan “melarikan” diri ke puncak dan sekitarnya.

Nah, bagi Anda yang tinggal di Jakarta, belakangan ini tengah berkembang wahana permainan unik yang bisa melatih kekompakan sekaligus ketangkasan keluarga maupun teman-teman dekat Anda. Permainan itu disebut escape room.

Escape room memang tengah “hits” belakangan ini. Biasanya, pemain terdiri dari tiga sampai delapan orang. Ada batas waktu yang sudah ditentukan di awal, namun biasanya berdurasi satu hingga dua jam.

Ada beberapa tempat yang menyediakan permainan escape room. Masing-masing punya ciri khas tersendiri dan tantangan-tantangan berbeda. Namun pada umumnya, peserta akan masuk ke ruangan yang terkunci. Setelah itu, peserta diberi petunjuk dan beberapa teka-teki serta kode yang harus dipecahkan. Bahkan ada juga rintangan fisik yang harus Anda lewati. Pada intinya, baik Anda maupun keluarga dan teman-teman, harus berupaya mencari jalan keluarnya.

Berikut tempat-tempat yang menyediakan permainan escape room yang dikumpulkan redaksi Fakta.News yang bisa dijadikan referensi untuk menemani akhir pekan Anda bersama keluarga maupun teman-teman terdekat.

1. Pandora Experience

Pandora Experience. (Foto: Instagram Pandora)

Pandora Experience. (Foto: Instagram Pandora)

Pandora Experience saat ini sudah memiliki beberapa cabang di Jakarta, Bali, dan Bandung. Tiap gerai disediakan tiga tema permainan berbeda. Bahkan totalnya bisa mencapai 16 tema sehingga dijamin tidak membuat Anda bosan. Temanya sendiri terbilang unik dan diambil dari berbagai legenda serta misteri terkenal dari seluruh dunia.

Tiap tema tentu punya sensasi, tingkat kesulitan, dan tantangan aktivitas fisik yang berbeda. Anda bisa sesuaikan sendiri berdasarkan selera dan kemampuan tim. Namun bagi pemula, ada baiknya mengambil tema episode “Amityville: The Awakening”, karena tingkat kesulitan dan tantangan fisiknya relatif lebih ringan. Tapi bila keluarga atau teman-teman Anda ingin yang lebih sulit, bisa mencoba episode “Shutter Asylum” atau “Legends of El Dorado”.

Selain tema yang beragam itu tadi, keunggulan Pandora Experience adalah durasi permainan yang lama, yakni dua jam. Petunjuk yang diberikan dalam permainan pun tidak terbatas sehingga jadi sulit ditebak. Yang menjadi favorit banyak orang dari Pandora Experience tentu saja latar ruangannya sehingga membuat petualangan Anda terasa begitu nyata. Biayanya pun terjangkau. Cukup menyiapkan Rp200 ribu per orang untuk merasakan sensasi “gemas” memecahkan teka-teki.

Pandora Experience khusus di Jakarta terletak di Puri Indah, Kelapa Gading, Mal Ciputra, Mal Alam Sutera, dan Mal Teras Kota.

2. Totem Room Escape

Salah satu rintangan di Totem Room Escape. (Foto: Totem Room Escape)

Salah satu rintangan di Totem Room Escape. (Foto: Totem Room Escape)

Berikutnya ada Totem Room Escape. Memilki lima ruangan dengan episode perminan yang berbeda, Totem Room Escape terdiri dari empat level, yaitu level 1 yang menyenangkan, level 2 yang agak menyeramkan, level 3 yang menakutkan, dan level 4 yang bisa membuat Anda ingin cepat-cepat keluar dari ruangan. Nah, bagi pemula, Fakta.News sarankan mengambil level 1, episode “Kidnap”.

Permainan teka-teki di sini terbilang lumayan susah untuk ditebak karena petunjuknya yang terbatas. Namun, justru itulah letak serunya. Anda akan merasa layaknya Sherlock Holmes. Tiap permainan bisa diisi dua sampai delapan orang, sehingga cocok untuk Anda yang ingin mengajak keluarga besar Anda.

Sedangkan untuk waktu permainan setiap episodenya, diberi satu jam. Biayanya hanya Rp100 ribu. Bahkan untuk putra-putri Anda, baik yang masih pelajar bahkan sudah mahasiswa, bisa mendapat harga khusus.

Totem Room Escape sudah ada di Jakarta, Bandung, Bali, dan Semarang. Di Jakarta, Anda bisa menemuinya di Pantai Indah Kapuk.

3. Xcape Indonesia

Salah satu rintangan di Xcape Indonesia di PIK (Foto: Xcape Indonesia)

Salah satu rintangan di Xcape Indonesia di PIK (Foto: Xcape Indonesia)

Berikutnya ada Xcape Indonesia. Ini dia pelopor game reality escape room pertama di Indonesia yang pakai tema Hollywood. Xcape yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk ini beda dari yang lainnya karena latar ruangannya sudah lima dimensi.

Satu tim bisa diikuti empat sampai sembilan orang, tergantung tema permainan mana yang Anda pilih. Episode permainan di sini pun sangat seru lantaran diangkat dari serial TV dan film Hollywood, mulai dari Whisper of the Dead, Chamber of Secrets, sampai Catch Me If You Can, Vampire Diary, dan Resident Evil. Untuk bisa merasakan permainan canggih di Xcape, Anda hanya menyiapkan Rp180 ribu sampai Rp220 ribu per orangnya.

4. The Escape Hunt

Pengunjung Escape Hunt diberi kesempatan berfoto dengan pakaian ala detektif

Pengunjung Escape Hunt diberi kesempatan berfoto dengan pakaian ala detektif

Tempat yang satu ini adalah pelopor permainan detektif pertama di Jakarta. Cabangnya tersebar di berbagai kota besar di 26 negara. Untuk di Indonesia sendiri, sudah ada di Jakarta, Surabaya, dan Bali.

Di sini, Anda akan berperan menjadi detektif asal Inggris yang terkenal dalam memecahkan kasus-kasus kriminal. Permainannya sendiri berdurasi satu jam. Anda dan keluarga atau teman-teman bisa memilih aneka tema kasus kriminal, mulai dari “Kidnapping in the Study”, “Murder in the Bedroom”, “Poisoning in the Restaurant”, “Kidnapping at the Nursery”, “Robbery on the Beach”, atau “Murder behind Bars”.

Jika escape room yang lain banyak aktivitas fisiknya, The Escape Hunt ini bakal lebih mengasah kemampuan analisis Anda untuk memecahkan kasus-kasus yang ada. Intinya, melatih Anda berpikir ala detektif. Di akhir permainan, Anda dan tim akan disuguhkan kue dan teh. Jangan juga lupa berfoto mengenakan pakaian detektif yang sudah disediakan.

Lantaran kelengkapannya, harga yang disediakan memang lumayan menguras kantong. Namun, demi merasakan sensasi menjadi detektif, jelas harga yang terbilang layak. Lagipula, di sini ada harga paket. Jadi, makin banyak orang dalam satu tim, harganya makin murah.

Nah, bagaimana? Langsung meluncur?

W. Novianto

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Reuni Alumni 212 Jelas Kapitalisasi Agama demi Kepentingan Politik

Oleh

Fakta News
Reuni Alumni 212

Jakarta – Reuni Alumni 212 yang bakal digelar awal Desember di Lapangan Monas Jakarta dianggap bentuk kapitalisasi agama demi kepentingan politik. Reuni tersebut seharusnya tidak diadakan lantaran tuntutan aksi 212 sudah diakomodasi.

Hal tersebut diungkapkan pengamat politik Lingkar Madani. Ia menilai kegiatan alumni 212 ini bukan murni kegiatan agama, melainkan kegiatan politik. Ia juga keheranan mengapa harus ada acara tersebut. Pasalnya, tuntutan aksi 212 sudah dipenuhi dengan Basuki Tjahaja Purnama dipenjara.

“Itu sudah jelas politik, enggak ada hubungannya lagi dengan agama, enggak ada hubungannya dengan dakwah, apa yang mereka tuntut sudah dipenjara kok. Apalagi gunanya, itu politik murni politik, murni untuk kepentingan politik. Enggak ada hubungannya dengan dakwah. Saya pikir mereka hanya mau mengapitalisasi agama ini. Mengapitalisasi agama terus-menerus untuk kepentingan politik. Enggak ada hubungannya dengan dakwah,” kata Ray kepada wartawan di D’Hotel, Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan, Rabu (21/11).

Ray pun mengaku masih belum paham apa sebenarnya tujuan acara reuni alumni 212. Ia membandingkan dengan demonstrasi 1998 untuk menggulingkan rezim Soeharto dan Orde Baru. Usai berhasil menggulingkan, tak ada perkumpulan alumni maupun acara reuninya.

“Yang saya juga enggak mengerti tujuannya apa? Masak demonstrasi pakai alumni, alumni pakai reuni. Ada-ada saja. Yang besar sekali pun perjuangan 98 itu ya berhenti di 98. Waktu jatuh ya jatuh. Bahwa anggotanya membentuk kelompok-kelompok tertentu ya silakan saja. Enggak ada reuni 98 yang jatuhin soeharto, enggak ada,” imbuhnya.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

BERITA

Kubu Jokowi Anggap Amien Rais Tidak Dewasa dalam Berpolitik

Oleh

Fakta News
Bersikap toleran
Amien Rais.(Istimewa)
asasasasa

Jakarta – Kubu Joko Widodo-Maruf Amin menilai, pernyataan Amien Rais yang memaksa Muhammadiyah untuk memihak salah satu calon di pemilihan presiden menunjukkan sikap Amien Rais yang tidak dewasa dalam berpolitik.

Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Tim Kampanye Jokowi-Maruf Amin Ace Hasan Syadzily. Selain menunjukkan Amin Rais tidak dewasa, pernyataan tersebut juga menunjukkan bahwa sosok Amien Rais bukan negarawan tulen.

“Hanya karena beliau pendukung Prabowo-Sandi mau mendikte Muhamamdiyah mendukung paslon tertentu. Itu menunjukkan ketidakdewasaan politik sebagai politisi yang dikenal selalu menjaga demokrasi,” jelas Ace, seperti dikutip dari Merdeka.com, Rabu (21/11).

Justru, dengan paksaan dan desakan tersebut, suara Muhammadiyah malah enggan memilih Prabowo-Sandi. “Kalau terus menerus seperti itu, saya tidak yakin Prabowo mendapatkan dukungan dari Muhammadiyah,” tegasnya.

Sikap tersebut sama sekali tidak mencerminkan sosok negarawan. Politikus Partai Golkar ini menambahkan, sebagai negarawan, seharusnya Amien Rais menjaga agar ormas, seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, tidak diseret ke ranah politik praktis.

“Sebetulnya secara organisasi Muhammadiyah dan NU tidak menunjukkan dukungan secara tegas, itu perlu terus dijaga bahwa citra ormas Islam tidak terseret ke dalam politik praktis hanya untuk kekuasaan semata,” tegasnya lagi.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

BERITA

Penggunaan Teknologi VAR di Liga Champions Dipercepat?

Oleh

Fakta News
var
Ilustrasi.(Foto: Istimewa)

Jakarta – Setelah sukses digunakan dalam beberapa turnamen FIFA, ternyata kehadiran teknologi Video Assistant Refree (VAR) disambut baik oleh sejumlah klub Eropa.

Video Asisten Wasit (VAR) kemungkinan besar akan segera diterapkan di ajang Liga Champions, tepatnya ketika memasuki babak knock out alias fase gugur di musim ini. Wacana tersebut langsung berasal dari Presiden UEFA Aleksander Ceferin dan Ketua Asosiasi Klub Eropa Andrea Agnelli.

Dilansir dari Soccerway, Selasa (20/11), sebelumnya VAR sendiri akan diberlakukan di Liga Champions mulai musim depan, namun belakangan wacana tersebut akan dipercepat dalam rangka untuk proses pengujian teknologi tersebut.

“Kami sudah mulai melakukan semua persiapan. [Kepala wasit UEFA] Roberto Rosetti dan timnya sangat bagus. Ada sudut pandang penting – wasit dan semua aspek teknis,” kata Ceferin dalam konferensi pers di Brussels.

“Saya mengharapkan laporan dalam seminggu atau lebih dan kemudian kita akan melihat kapan kita dapat menerapkannya. Pada musim depan yang terbaru,” sambungnya.

Senada dengan Ceferin, Agnelli yang notabene merupakan pemilik Juventus siap mendukung wacana UEFA untuk mempercepat penerapan VAR di ajang Liga Champions.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya