Connect with us

Thailand Gandeng Universitas Perbanyak Lapangan Sepakbola

Ketua FAT, Somyot Poompunmuang (tengah) bersama Ekkono executive, Mikael Ferrero (kedua kanan), sepakat matangkan program lolos piala dunia 2026.(foto: Bangkok Post)

Thonburi – Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) kembali memberikan “pesan” kepada lawan-lawannya, termasuk Asia Tenggara. Meski saat ini masih menjadi yang terbaik, federasi sepak bolanya tak ingin bersantai diri. Justru Tim Gajah Putih kembali menunjukkan keseriusannya untuk terus berkembang dan membesarkan sepak bolanya hingga ke level lebih tinggi lagi. Salah satunya adalah dengan menggandeng universitas untuk membangun lapangan dalam pusat pelatihan.

Sinergi FAT dengan Universitas Bangkok Thonburi fokus kepada memuluskan ambisi memiliki pusat pelatihan sepak bola baru. MoU pun telah ditandatangani dengan melibatkan Ekkono Method Soccer Services yang didatangkan untuk menciptakan Thailand’s Way dalam tujuan lolos ke Piala Dunia 2026.

Pusat latihan tersebut rencananya akan diperuntukkan untuk tim usia mudanya. Dengan demikian FAT bakal memiliki banyak pilihan tempat untuk timnas senior, kelompok muda, bahkan tim wanitanya.

Dari pihak Universitas, seperti tertuang dalam nota kesepahamannya, akan menyumbang 22 rai tanah untuk pembangunan pusat latihan sepak bola usia muda. Sumbangan tersebut pun tanpa kompensasi selama 20 tahun. Adapun jumlah lapangannya sendiri akan ada dua, satu dengan rumput alami dan satu lagi buatan.

Tak cuma lapangan saja, kesepakatan juga dilengkapi dengan pemberian fasilitas kebugaran termasuk spa dan sauna serta tempat fitnes secara gratis kepada para atlet. Sedangkan untuk pembangunan lapangan, ruang penyimpanan dan ruang ganti akan menjadi tanggung jawab FAT. Meski atlet-atlet Bangkok Thonburi pun boleh memakai lapangan apabila diperlukan.

Sebidang tanah di Thonburi yang bakal dijadikan lapangan latihan tim usia muda Thailand

Sebidang tanah di Thonburi yang bakal dijadikan lapangan latihan tim usia muda Thailand

Lapangan Bangkok Thonburi tersebut pun sudah dilengkapi dengan tribun penonton juga, seperti beberapa lapangan universitas lain di Thailand.

W. Novianto

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Reuni Alumni 212 Jelas Kapitalisasi Agama demi Kepentingan Politik

Oleh

Fakta News
Reuni Alumni 212

Jakarta – Reuni Alumni 212 yang bakal digelar awal Desember di Lapangan Monas Jakarta dianggap bentuk kapitalisasi agama demi kepentingan politik. Reuni tersebut seharusnya tidak diadakan lantaran tuntutan aksi 212 sudah diakomodasi.

Hal tersebut diungkapkan pengamat politik Lingkar Madani. Ia menilai kegiatan alumni 212 ini bukan murni kegiatan agama, melainkan kegiatan politik. Ia juga keheranan mengapa harus ada acara tersebut. Pasalnya, tuntutan aksi 212 sudah dipenuhi dengan Basuki Tjahaja Purnama dipenjara.

“Itu sudah jelas politik, enggak ada hubungannya lagi dengan agama, enggak ada hubungannya dengan dakwah, apa yang mereka tuntut sudah dipenjara kok. Apalagi gunanya, itu politik murni politik, murni untuk kepentingan politik. Enggak ada hubungannya dengan dakwah. Saya pikir mereka hanya mau mengapitalisasi agama ini. Mengapitalisasi agama terus-menerus untuk kepentingan politik. Enggak ada hubungannya dengan dakwah,” kata Ray kepada wartawan di D’Hotel, Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan, Rabu (21/11).

Ray pun mengaku masih belum paham apa sebenarnya tujuan acara reuni alumni 212. Ia membandingkan dengan demonstrasi 1998 untuk menggulingkan rezim Soeharto dan Orde Baru. Usai berhasil menggulingkan, tak ada perkumpulan alumni maupun acara reuninya.

“Yang saya juga enggak mengerti tujuannya apa? Masak demonstrasi pakai alumni, alumni pakai reuni. Ada-ada saja. Yang besar sekali pun perjuangan 98 itu ya berhenti di 98. Waktu jatuh ya jatuh. Bahwa anggotanya membentuk kelompok-kelompok tertentu ya silakan saja. Enggak ada reuni 98 yang jatuhin soeharto, enggak ada,” imbuhnya.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

BERITA

Kubu Jokowi Anggap Amien Rais Tidak Dewasa dalam Berpolitik

Oleh

Fakta News
Bersikap toleran
Amien Rais.(Istimewa)
asasasasa

Jakarta – Kubu Joko Widodo-Maruf Amin menilai, pernyataan Amien Rais yang memaksa Muhammadiyah untuk memihak salah satu calon di pemilihan presiden menunjukkan sikap Amien Rais yang tidak dewasa dalam berpolitik.

Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Tim Kampanye Jokowi-Maruf Amin Ace Hasan Syadzily. Selain menunjukkan Amin Rais tidak dewasa, pernyataan tersebut juga menunjukkan bahwa sosok Amien Rais bukan negarawan tulen.

“Hanya karena beliau pendukung Prabowo-Sandi mau mendikte Muhamamdiyah mendukung paslon tertentu. Itu menunjukkan ketidakdewasaan politik sebagai politisi yang dikenal selalu menjaga demokrasi,” jelas Ace, seperti dikutip dari Merdeka.com, Rabu (21/11).

Justru, dengan paksaan dan desakan tersebut, suara Muhammadiyah malah enggan memilih Prabowo-Sandi. “Kalau terus menerus seperti itu, saya tidak yakin Prabowo mendapatkan dukungan dari Muhammadiyah,” tegasnya.

Sikap tersebut sama sekali tidak mencerminkan sosok negarawan. Politikus Partai Golkar ini menambahkan, sebagai negarawan, seharusnya Amien Rais menjaga agar ormas, seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, tidak diseret ke ranah politik praktis.

“Sebetulnya secara organisasi Muhammadiyah dan NU tidak menunjukkan dukungan secara tegas, itu perlu terus dijaga bahwa citra ormas Islam tidak terseret ke dalam politik praktis hanya untuk kekuasaan semata,” tegasnya lagi.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

BERITA

Penggunaan Teknologi VAR di Liga Champions Dipercepat?

Oleh

Fakta News
var
Ilustrasi.(Foto: Istimewa)

Jakarta – Setelah sukses digunakan dalam beberapa turnamen FIFA, ternyata kehadiran teknologi Video Assistant Refree (VAR) disambut baik oleh sejumlah klub Eropa.

Video Asisten Wasit (VAR) kemungkinan besar akan segera diterapkan di ajang Liga Champions, tepatnya ketika memasuki babak knock out alias fase gugur di musim ini. Wacana tersebut langsung berasal dari Presiden UEFA Aleksander Ceferin dan Ketua Asosiasi Klub Eropa Andrea Agnelli.

Dilansir dari Soccerway, Selasa (20/11), sebelumnya VAR sendiri akan diberlakukan di Liga Champions mulai musim depan, namun belakangan wacana tersebut akan dipercepat dalam rangka untuk proses pengujian teknologi tersebut.

“Kami sudah mulai melakukan semua persiapan. [Kepala wasit UEFA] Roberto Rosetti dan timnya sangat bagus. Ada sudut pandang penting – wasit dan semua aspek teknis,” kata Ceferin dalam konferensi pers di Brussels.

“Saya mengharapkan laporan dalam seminggu atau lebih dan kemudian kita akan melihat kapan kita dapat menerapkannya. Pada musim depan yang terbaru,” sambungnya.

Senada dengan Ceferin, Agnelli yang notabene merupakan pemilik Juventus siap mendukung wacana UEFA untuk mempercepat penerapan VAR di ajang Liga Champions.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya