Connect with us

Menggenjot Pembangunan Jalan Kereta Api Trans Kalimantan

Pembangunan jalur kereta api Trans Kalimantan

Samarinda – PT Kereta Api Borneo (PT KAB) kembali menggenjot pembangunan jalan kereta api di Utara dan Selatan Kalimantan Timur. Direktur PT Kereta Api Borneo, Sergey Kuznetsov, menegaskan komitmennya untuk merealisasikan proyek-proyeknya di Kalimantan Timur.

“Ada dua proyek yang dikembangkan oleh PT Kereta Api Borneo (PT KAB) di Kalimantan Timur, yaitu pembangunan jalan kereta api Jalur Utara (Kutai Karta Negara – Kutai Timur) dan Jalur Selatan (Kutai Barat – Penajam Paser Utara),” jelas Sergey Kuznetsov.

Komitmen tersebut ditegaskan dalam pertemuan dengan Gubernur Kalimantan Timur, Awang Faroek Ishak dan jajaran SKPD Kalimantan Timur dengan PT Kereta Api Borneo (anak perusahaan Russian Railway) dan Perwakilan Dagang Federasi Rusia untuk Republik Indonesia.

“Saat ini prioritas realisasi proyek adalah pengembangan di Jalur Selatan, yaitu pembangunan pelabuhan di Buluminung, Penajam Paser Utara, yang diproyeksikan untuk penyimpanan dan pengolahan batubara serta kargo lainnya dengan kapasitas pertahunnya hingga 5 juta ton dan kargo lainnya hingga 1,5 juta ton,” lanjut Sergey. Ia juga menjelaskan bahwa pelabuhan itu akan menjadi pintu masuk bagi masuknya alat-alat berat dan material yang dibutuhkan untuk pembangunan jalur KA nantinya.

Sergey menyebutkan, fase pertama pembangunan saat ini tengah dilakukan beberapa langkah seperti persiapan lahan untuk pembangunan pelaksanaan survei engineering, design, dan pekerjaan persiapan untuk memulai pembangunan. PT KAB telah mengantongi perizinan-perizinan penting, termasuk rekomendasi Kementerian Perhubungan RI dan persetujuan prinsip dari Gubernur Kalimantan Timur untuk pembangunan jalan kereta api, persetujuan prinsip untuk membangun pelabuhan dari Kesyahbandaran (KSOP) Balikpapan, dan rekomendasi untuk pembangunan dermaga dari KSOP.

Selain itu izin lingkungan dari Badan Lingkungan Hidup Provinsi Kalimantan Timur untuk pelabuhan, perizinan dari Kabupaten Penajam Paser Utara untuk melakukan pekerjaan persiapan di area proyek pembangunan pelabuhan, serta perizinan-perizinan terkait pekerjaan survei engineering pun terus digodok.

Lingkungan menjadi pertimbangan penting bagi PT KAB dalam menjalankan proyek-proyeknya. Itulah sebabnya anak usaha Russia Railways ini berupaya untuk menghindari hutan-hutan lindung. Selain itu, PT KAB juga melindungi hutan-hutan yang ada dari kebutuhan membangun jalan-jalan mobil yang memerlukan lahan lebih banyak daripada jalan kereta api.

Adapun pembangunan pelabuhan direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2017-2018. Sedangkan pengoperasiannya direncanakan akan dimulai tahun 2019. Sementara itu, secara bersamaan juga dilakukan pekerjaan untuk Jalur Utara.

Teknopark untuk Investor Asing
Di samping itu, PT Kereta Api Borneo juga merencanakan pembangunan Teknopark di area pelabuhan yang terletak di Kawasan Industri Buluminung, yang nantinya akan diisi oleh investor-investor dari Rusia. Beberapa perusahaan besar Rusia, antara lain seperti perusahaan pabrik otomotif “KAMAZ” yang merupakan spesialis produsen mobil truk angkutan berat terkemuka di Rusia, produsen composite armature “ARMASTEK”, perusahaan pembuatan kapal laut “OSK” dan “KOSTROMA WHARF”, perusahaan yang bergerak di ketenagalistrikan “UEC”,  perusahaan bioteknologi “NT Farma”, produsen segala jenis turbin “ROTEK”, perusahaan pengembangan hi-tech dan inovasi baru, “RTS”, serta perusahaan-perusahaan terkemuka Rusia lainnya telah menunjukkan minatnya untuk berinvestasi di Teknopark PT KAB.

Gubernur Awang Faroek, menyambut baik rencana pihak Rusia mengenai pengembangan Teknopark menjadi Kawasan Ekonomi Khusus tersebut, dan menyatakan akan membantu prosesnya. Awang Faroek juga menyatakan komitmennya untuk meningkatkan hubungan kerjasama Indonesia – Rusia yang telah berlangusng sejak tahun 1960-an. Ia berharap proyek pembangunan jalan Kereta Api dan infrastruktur pendukungnya akan menghidupkan seluruh area yang dilaluinya, dan akan mendorong pembangunan ekonomi negara Indonesia, khususnya Kalimantan Timur.

Selain itu, PT KAB telah berkomitmen akan menggunakan tenaga kerja lokal, termasuk para ahli-ahli di bidang perkeretaapian. Untuk itulah, PT KAB menjalin kerjasama dengan perguruan-perguruan tinggi perkeretaapian di Rusia. Dalam rangka persiapan sumber daya manusianya, PT KAB bekerjasama dengan Pemerintah Rusia melalui Kementerian Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Rusia telah memberikan beasiswa bagi 150 mahasiswa dari Kalimantan Timur untuk belajar di perguruan-perguruan tinggi ilmu perkeretaapian di Rusia. Saat ini, para mahasiswa tersebut menjalani masa pendidikannya di Negeri Beruang Merah tersebut.

“Pembangunan infrastruktur kereta api memberikan kesempatan bagi wilayah-wilayah terpencil di Kalimantan untuk mengembangkan dirinya. Dengan lancarnya pendistribusian tenaga listrik, akses ke sistem transportasi dan telekomunikasi, wilayah-wilayah tersebut akan menjadi sumber peningkatan ekonomi baru bagi pulau Kalimantan,” pungkasnya.

Jalur_Kereta_Kalimantan_Infografis

W. Novianto

Baca Selengkapnya
Tulis Komentar

BERITA

Reuni Alumni 212 Jelas Kapitalisasi Agama demi Kepentingan Politik

Oleh

Fakta News
Reuni Alumni 212

Jakarta – Reuni Alumni 212 yang bakal digelar awal Desember di Lapangan Monas Jakarta dianggap bentuk kapitalisasi agama demi kepentingan politik. Reuni tersebut seharusnya tidak diadakan lantaran tuntutan aksi 212 sudah diakomodasi.

Hal tersebut diungkapkan pengamat politik Lingkar Madani. Ia menilai kegiatan alumni 212 ini bukan murni kegiatan agama, melainkan kegiatan politik. Ia juga keheranan mengapa harus ada acara tersebut. Pasalnya, tuntutan aksi 212 sudah dipenuhi dengan Basuki Tjahaja Purnama dipenjara.

“Itu sudah jelas politik, enggak ada hubungannya lagi dengan agama, enggak ada hubungannya dengan dakwah, apa yang mereka tuntut sudah dipenjara kok. Apalagi gunanya, itu politik murni politik, murni untuk kepentingan politik. Enggak ada hubungannya dengan dakwah. Saya pikir mereka hanya mau mengapitalisasi agama ini. Mengapitalisasi agama terus-menerus untuk kepentingan politik. Enggak ada hubungannya dengan dakwah,” kata Ray kepada wartawan di D’Hotel, Jalan Sultan Agung, Jakarta Selatan, Rabu (21/11).

Ray pun mengaku masih belum paham apa sebenarnya tujuan acara reuni alumni 212. Ia membandingkan dengan demonstrasi 1998 untuk menggulingkan rezim Soeharto dan Orde Baru. Usai berhasil menggulingkan, tak ada perkumpulan alumni maupun acara reuninya.

“Yang saya juga enggak mengerti tujuannya apa? Masak demonstrasi pakai alumni, alumni pakai reuni. Ada-ada saja. Yang besar sekali pun perjuangan 98 itu ya berhenti di 98. Waktu jatuh ya jatuh. Bahwa anggotanya membentuk kelompok-kelompok tertentu ya silakan saja. Enggak ada reuni 98 yang jatuhin soeharto, enggak ada,” imbuhnya.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

BERITA

Kubu Jokowi Anggap Amien Rais Tidak Dewasa dalam Berpolitik

Oleh

Fakta News
Bersikap toleran
Amien Rais.(Istimewa)
asasasasa

Jakarta – Kubu Joko Widodo-Maruf Amin menilai, pernyataan Amien Rais yang memaksa Muhammadiyah untuk memihak salah satu calon di pemilihan presiden menunjukkan sikap Amien Rais yang tidak dewasa dalam berpolitik.

Hal tersebut diungkapkan Juru Bicara Tim Kampanye Jokowi-Maruf Amin Ace Hasan Syadzily. Selain menunjukkan Amin Rais tidak dewasa, pernyataan tersebut juga menunjukkan bahwa sosok Amien Rais bukan negarawan tulen.

“Hanya karena beliau pendukung Prabowo-Sandi mau mendikte Muhamamdiyah mendukung paslon tertentu. Itu menunjukkan ketidakdewasaan politik sebagai politisi yang dikenal selalu menjaga demokrasi,” jelas Ace, seperti dikutip dari Merdeka.com, Rabu (21/11).

Justru, dengan paksaan dan desakan tersebut, suara Muhammadiyah malah enggan memilih Prabowo-Sandi. “Kalau terus menerus seperti itu, saya tidak yakin Prabowo mendapatkan dukungan dari Muhammadiyah,” tegasnya.

Sikap tersebut sama sekali tidak mencerminkan sosok negarawan. Politikus Partai Golkar ini menambahkan, sebagai negarawan, seharusnya Amien Rais menjaga agar ormas, seperti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah, tidak diseret ke ranah politik praktis.

“Sebetulnya secara organisasi Muhammadiyah dan NU tidak menunjukkan dukungan secara tegas, itu perlu terus dijaga bahwa citra ormas Islam tidak terseret ke dalam politik praktis hanya untuk kekuasaan semata,” tegasnya lagi.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya

BERITA

Penggunaan Teknologi VAR di Liga Champions Dipercepat?

Oleh

Fakta News
var
Ilustrasi.(Foto: Istimewa)

Jakarta – Setelah sukses digunakan dalam beberapa turnamen FIFA, ternyata kehadiran teknologi Video Assistant Refree (VAR) disambut baik oleh sejumlah klub Eropa.

Video Asisten Wasit (VAR) kemungkinan besar akan segera diterapkan di ajang Liga Champions, tepatnya ketika memasuki babak knock out alias fase gugur di musim ini. Wacana tersebut langsung berasal dari Presiden UEFA Aleksander Ceferin dan Ketua Asosiasi Klub Eropa Andrea Agnelli.

Dilansir dari Soccerway, Selasa (20/11), sebelumnya VAR sendiri akan diberlakukan di Liga Champions mulai musim depan, namun belakangan wacana tersebut akan dipercepat dalam rangka untuk proses pengujian teknologi tersebut.

“Kami sudah mulai melakukan semua persiapan. [Kepala wasit UEFA] Roberto Rosetti dan timnya sangat bagus. Ada sudut pandang penting – wasit dan semua aspek teknis,” kata Ceferin dalam konferensi pers di Brussels.

“Saya mengharapkan laporan dalam seminggu atau lebih dan kemudian kita akan melihat kapan kita dapat menerapkannya. Pada musim depan yang terbaru,” sambungnya.

Senada dengan Ceferin, Agnelli yang notabene merupakan pemilik Juventus siap mendukung wacana UEFA untuk mempercepat penerapan VAR di ajang Liga Champions.

Baca Juga:

Baca Selengkapnya